Lesson 1

Selamat atas keputusan anda untuk memulai belajar Bahasa Korea bersama saya !^^ Anda akan melihat dan membuktikan bahwa dengan mampunya anda membaca Huruf Korea akan membuat teman anda bertambah serta dapat memperkaya pengetahuan anda. Selain itu anda tidak akan mengalami "Buta Huruf" saat anda mengunjungi Korea.^^

Meskipun nampaknya huruf Korea hampir mirip dengan huruf mandarin ataupun huruf Jepang bagi mata yang belum terlatih, belajar bahasa Korea relatif lebih mudah. Hal ini dikarenakan karakter huruf dalam bahasa Korea hanyalah kombinasi dari 24 huruf. Hal ini lebih mudah dibandingkan dengan huruf Mandarin atau Jepang yang memiliki karakter lebih banyak. Jadi, meskipun saat ini kita akan belajar 4 huruf dalam 1 kali pelajaran, kita akan dapat membaca huruf Korea hanya dalam beberapa kali pelajaran, sementara jika kita belajar bahasa Jepang atau Mandarin untuk belajar hal yang sama akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menguasainya.^^

Siap??? Let's start!
Huruf Korea pertama yang akan kita pelajari adalah Bieup:

Bieup adalah sebuah konsonan. Penyebutan bunyinya seperti "p" atau "b".
Tentu saja kita tidak akan bisa membuat kata-kata hanya dengan 1 konsonan, so sekarang mari kita tambahkan sebuah vowel buat nemenin:

Ini adalah vowel "a" penyebutannya seperti father.

Sekarang, untuk membacanya menjadi satu kata dalam bahasa Korea, yang harus kita lakukan hanyalah menggabungkannya. huruf a diletakkan disebelah kanan dari huruf b, sebelah kanan dari , seperti ini:


Bisakah anda menebak bagaimana bunyi dari karakter ini?

Karakter ini berbunyi "ba" dan ini merupakan bahasa Korea untuk bar. Bagaimana, mudah bukan?

Baik, selanjutnya kita akan belajar huruf Nieun:

Huruf ini berbunyi seperti huruf N biasa "n".Bisakah anda menulis kata "na" sekarang?



Dalam bahasa Korea setiap karakter memiliki satu syllable, sebagai contoh, jika anda ingin menulis baba, anda hanya membutuhkan dua karakter, satu untuk masing-masing ba.
Sekarang, kita coba latihan. Cobalah untuk membaca dan memahami huruf-huruf yang tertulis dibawah ini.
바나나
Anda mengerti apa bunyinya? Yup....anda benar!!! Banana. Mudah bukan??


Setiap Korean syllable harus dimulai dengan konsonan. Hal ini mempermudah untuk mengenali awal dan akhir setiap syllables, pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana dengan syllables yang didahului oleh vowel, seperti salam pembuka dalam perkenalan dalam bahasa Korea "annyong haseyo"? Dalam kasus ini syllables membutuhkan suatu konsonan yang tidak memiliki pengucapan suara. karena tidak memiliki pengucapan suara, maka konsonan ini pun ditulis seperti angka 0. (hal ini dijabarkan hanya untuk mempermudah anda belajar dan mengingat)
O
konsonan ini disebut Ieung. Jadi syllable "a" harus ditulis sepeti ini .
Dibawah ini ada beberapa kata untuk anda berlatih:
아바 nama sebuah Band terkenal

아바나 Ibukota Kuba


Satu pelajaran lagi untuk hari ini: dalam penempatan huruf-huruf Korea, selain penempatan sejajar ke samping, ada juga penempatan huruf ke bawah. Huruf yang ditempatkan dibawah haruslah konsonan. Lazimnya hal ini disebut akhiran,batchim, dan mateni bagi orang Jawa.^^ Hanya jika di huruf Korea, batchim yang ditempatkan diakhir kalimat haruslah ada di syllables pertama ataupun ke dua. Tidak bisa di syllables terakhir. Sebagai contoh, ini adalah syllable ban, yang tidak memiliki arti jika berdiri sendiri:

Sudah paham? Jika sudah, sekarang tiba saat nya untuk latihan. Bisakah anda membaca kalimat dibawah ini? Ini adalah sebuah nama.
안나 nama orang


Anda mampu membaca kalimat diatas? Jika anda bisa, saya yakin anda telah memiliki semua syarat untuk bisa belajar dan membaca Huruf Korea dengan baik. Sebenarnya pelajaran tadi adalah pelajaran tersulit, hal ini dikarenakan anda tidak memiliki pengetahuan sama sekali tentang bahasa Korea. Namun SELAMAT!!! Anda telah melaluinya dengan Sangat Baik!! Pelajaran selanjutnya akan didasarkan dari pelajaran hari ini dan saya yakin, anda tidak akan merasakan kesulitan yang berarti untuk bisa memahami. Jika anda merasa penasaran dengan pelajaran selanjutnya, anda bisa langsung memulai lesson 2, dimana anda akan mempelajari beberapa huruf dan kata-kata baru. Atau jika anda ingin beristirahat sejenak, anda bisa kembali lagi nanti.^^ Karena sayapun akan kembali lagi nanti setelah menyelesaikan makan siang saya .^^


1 comment:

Anonymous said...

o y, mo nanya donk,
software apa yang bisa nongolin huruf korea d komp? soalnya kalo aq bka web yg ad koreanya, huruf yg nongol cuma kotak ato tanda tanya

Post a Comment